oleh

Artikel Pramuka Bakti Husada

HKN GENERASI SEHAT INDONESIA UNGGUL

Oleh: Yunaidi.S, S.Pd.M.Pd. (Kwarcab Agam)

Masyarakat saat ini diperkenalkan dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN) berlangsung pada tanggal 12 November setiap tahunnya. HKN Tahun 2019 ini adalah HKN yang ke-55 dengan tema “Generasi Sehat, Indonesia Unggul”

Hari Kesehatan Nasional sendiri bertujuan untuk mengajak masyarakat agar memiliki budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan atau perilaku yang kurang sehat. Peringatan HKN biasanya disambut dengan beragam rangkaian kegiatan kesehatan baik yang di laksanakan di pusat maupun di daerah.

Momentum Hari Kesehatan ke-55 ini sebagai pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa, masyarakat, organisasi kemasyarakatan, swasta berperan serta dalam upaya kesehatan, dengan lebih memprioritaskan promotif-preventif dan semakin menggalakkan serta melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), tanpa mengabaikan kuratif-rehabilitatif.

Baca juga :  Artikel : Hari Guru Nasional 25 November

Saat ini Pemerintah pusat dan daerah, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, akademisi dan praktisi turut ambil bagian dalam peringatan HKN untuk mendukung pembangunan kesehatan.

Dengan demikian Masyarakat semakin mengerti arti penting perilaku dan lingkungan sehat, serta melakukan gerakan hidup sehat, baik di keluarga, tempat kerja, tempat-tempat umum dan fasilitas lainnya.

Kegiatan HKN tahun 2019 mengusung semangat untuk merangkul masyarakat, dunia usaha, profesional, mitra, organisasi dan tokoh masyarakat. Dengan adanya rangkaian kegiatan ini, diharapkan semua sektor akan semakin sadar pentingnya pembangunan kesehatan.

Pengabdian HKN terhadap Masyarakat adalah melayani masyarakat lewat pelayanan berupa deteksi dini penyakit Tidak Menular (PTM), hepatitis dan kesehatan jiwa, bersih-bersih di tempat umum dan senam bersama, diharapkan masyarakat semakin sadar untuk hidup berperilaku bersih dan sehat (PHBS) dan senantiasa melaksanakan Germas.

Baca juga :  SD IT Alfatihah angkatkan wisuda perdana Tahfidz 1 Jus

Pada acara Puncak Memeriahkan 55 tahun HKN, akan diisi dengan berbagai kegiatan lomba dan pertunjukan, termasuk senam bersama, dan kegiatan lainnya. Khusus di Sumatera Barat kegiatan HKN ke 55 dilaksanakan dengan Perkemahan Bakti Aatuan Karya Bakti Husada (Pertida SBH) di Bumi Perkemahan SKB Joring Lubuk Bulang Gunuang Salasih Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Darmasraya.

Acara Pertida SBH dilaksanakan dengan berbagai kegiatan pramuka permainan, perlombaan, kerjabakti survey jentik dan penyematan Lencana Dharma Bakti Pramuka Dewasa sebagai penghargaan Kwarnas kepada Bupati Darmasraya. Sedangkan di kabupaten kota pelaksanaan kegiatan menyesuaikan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed