oleh

ANAK KEMANAKAN DT. TAN MAJOLELO PAYUNG SUKU CANIAGO NAGARI BAWAN BARALEK GADANG

-Agam-681 views

Agam, (Nagaripost) – Lembaga Kerapatan Adat Nagari (KAN) Bawan melakukan batagak penghulu dalam malewakan gelar Adat Dt. Tan Majolelo dari payung kaum suku caniago, yang termaksud salah satu Ninik Mamak Basa Nan Barampek di Nagari Bawan.

Gelar Dt. Tan Majolo diamanakan kepada Aprianto, S.Pd.,MM. Minggu (21/2), resepsi diadakan di Balairong Adat Nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat.

Berdasarkan hasil musyawarah ninik mamak berserta pengurus lembaga kerapatan adat nagari bawan dan disetujui untuk melakukan peresmian dalam malewakan gelar adat payung Dt. Tan majolelo.

Selain melewakan gelar Dt. Tan Majolelo, pengurus KAN Bawan juga melewakan gelar Panungkek berserta imam katibnya.

Para rombongan ninik mamak diarak dengan tambua tansa menuju masuk menaiki ke Balerong Adat Nagari, serta terlihat seluruh tamu undangan mematuhi protokol kesehatan Covid-19, jaga jarak, Cuci tangan dan memakai Masker.

Baca juga :  SMAN 1 Palembayan Gelar Rapat Pleno, Tetapkan Ketua Komite Baru Panserman Dt Nan Kodoh

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua LKAAM Kab Agam, LKAAM Kecamatan Ampek Nagari, KAN Nagari Batu Kambing, KAN Nagari Tiku V Jorong, ninik Mamak se- nagari Bawan.

Serta juga hadir Camat Ampek Nagari, Walinagari Bawan, Jorong se Nagari Bawan, Imam Khatib, Cadiak pandai, Pusako, Bundo kanduang dan seluruh undangan.

Rangkaian acara ditandai dengan Pasambahan Adat, pemasangan Saluak dan keris. Ketua KAN Bawan menyerahkan kepada pusako kaum dan pusako tersebut langsung Memasangkan kepada A. Dt. Tan Majolelo, Sedangkan pemasangan keris dipasangkan oleh Ninik Mamak tujuh Suku yaitu Mn. Dt. Majolelo Basa.

Dalam sambutannya, Ketua KAN Bawan A. Dt. Kando Marajo menyebutkan, setiap kaum dan anak kemenakan menunjuk penghulu untuk memimpin kaum berdasarkan musyawarah dan mufakat.

Ia menambahkan, dimana tugas penghulu adalah untuk memimpin kaum dan Nagari. Dalam membimbing anak kemenakannya kearah yang lebih baik.

Baca juga :  PASUKUAN SIKUMBANG PAYUANG PANJI E. DT. SAMPONO INTAN JALANI PROSESI LILIN AMBALAU DI MASJID TAQWA PARIT PANJANG

“Basuluah Matohari Bagalanggang Mato rang Banyak Tagak lah Samo Tinggi, Duduak lah Samo Randah dengan Ninik Mamak Nagari Bawan,tm Tugas dan Kewajiban Penghulu Kok Kusuik Untuak Manyalasaikan, Karuah Untuak Mampajaniah” ungkap A. Dt. Kando Marajo yang juga merakap Ketua LKAAM Kec. Ampek Nagari.

Ketua KAN Bawan berpesan kepada angku Dt. Tan Majolelo dan pusako, Kok Ado yang tacicie tolong dipiliah, kok ado yang tatingga dalam pengangkatan ini tolong dijemput kembali.

“Sementara itu sejarah yang sama-sama kita ketahui bahwa ninik mamak Basa Nan Barampek di Nagari Bawan, gelar adatnya terdiri dari, “Tan Majolelo, Mangkuto Marajo, Makhudun dan satu lagi yang telah pupus yaitu Datuak Sardeo,” Sebutnya.

Ditempat terpisah terlepas dari acara, Aprianto, S.Pd.,MM.,Dt. Tan Majolelo berserta anak kemenakan mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kerja sama semua pihak yang telah mensukseskan acara malewakan gala Dt. Tan Majolelo ini.

Baca juga :  Pj. BUPATI AGAM ; MARI KITA LANJUTKAN PERJUANGAN PARA PAHLAWAN DENGAN BERSATU, GOTONG ROYONG MENGISI KEMERDEKAAN MEMBANGUN NEGERI

“Sehingga acara Baralek Gadang tersebut berjalan sukses dan lancar mulai dari awal sampai akhir,” tutur Tokoh Paroh Baya itu.

Aprianto yang juga berkerja sebagai Kepala SMPN 1 Lubuk Basung menjelaskan, Saya selaku Ninik Mamak/ Datuak berpesan kepada Pusako dan Anak Kemenakan dalam Payung Dt. Tan Majolelo agar lebih cerdas dalam menyikapi permasalahan Nagari yang terjadi sekarang ini.

“Jangan kita terpancing oleh isu-isu memecah oleh orang-orang yang tidak berkepentingan di Kaum kita ini. Mari kita perkuat tali silahturahmi di Nagari Bawan, untuk Bersatu dan sejahtera ” pungkasnya.

Selesai acara malewakan gelar Adat Payung Dt. Tan Majolelo seluruh undangan yang hadir dijamu dengan makan bajamba dan ditutup dengan do’a bersama. (Y/S)

Editor : Yus

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed