oleh

Pemkab Agam Gelar Bimtek SPRA dan Dibuka Wabup Irwan Fikri

-Agam-2 views

Agam, (Nagaripost) – Pemerintah kabupaten Agam provinsi Sumatera Barat menggelar bimbingan tekhnis (Bimtek) pengembangan Satuan Pendidikan Ramah Anak (SPRA) bagi satuan pendidikan didaerah itu, Senin (13/9).

Bimtek yang digelar Dinas Dalduk KBP3A Agam ini, dilaksanakan di aula Bappeda yang dibuka Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri Dt Parpatiah.

Menurut Irwan Fikri Dt Parpatiah, bimtek ini merupakan momen penting guna mengukuhkan komitmen bersama, untuk menciptakan SDM berkualitas di masa mendatang.

“Karena itu anak harus dilindungi dan dipenuhi hak-haknya, agar dapat hidup tumbuh dan berkembang dalam suatu lingkungan yang layak anak, termasuk di satuan pendidikan,” ujarnya.

SDM yang unggul, katanya, harus dipersiapkan secara khusus, melalui sebuah strategi dan sistem yang mampu mendukung terpenuhnya hak-hak anak. Sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal, serta terlindungi dari berbagai tindakan kekerasan dan diskriminasi.

Baca juga :  1 UNIT RUMAH WARGA PADANG RAJO HANGUS TERBAKAR

Mewujudkan hal itu, perlu merapatkan barisan bukan hanya melahirkan insan yang cerdas, tapi juga menciptakan insan berkarakter kuat, jadi pendidik berkualitas, menyamakan persepsi agar pola pendidikan dan pembinaan anak benar-benar memperhatikan hak mereka.

“Maka melalui penerapan konsep SPRA ini, kita harapkan satuan pendidikan dapat mengubah paradigma dari pengajar jadi pembimbing, sahabat dan orang tua bagi anak,” ucapnya.

Dengan begitu, setelah mengikuti bimtek ini, para peserta diharapkan, dapat meningkatkan pemahaman tentang hak dan perlindungan anak, serta memahami langkah untuk mengembangkan satuan pendidikan yang ramah anak.

Sementara itu, Kadis Dalduk KBP3A Agam, Erniwati menyebutkan, bimtek ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta, tentang hak-hak dan perlindungan anak pada satuan pendidikan.

Baca juga :  Workshop Hasil Survey Perspektif Masyarakat untuk Pembangunan Agam 2021-2026

“Peserta kegiatan ini sebanyak 70 orang berasal dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kantor Kemenag Agam, Cabdin Wilayah I Dinas Pendidikan Sumbar, serta satuan pendidikan dari seluruh tingkatan,” terangnya.

Dalam hal ini, pihaknya mendatangkan narasumber dari fasilitator nasional SPRA atau Dinas P3AP2KB Sumbar, Kepala SMPN 1 Canduang selaku fasilitator daerah SPRA dan Kepala TK Istiqamah Surau Kamba selaku pelaksana Best Practice SPRA. (Y)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed