oleh

Pemko Bukittinggi Bakal Revitalisasikan Benteng Fort de Tahun Ini

Bukittinggi, (Nagaripost) – Pemerintah kota (Pemko) Bukittinggi provinsi Sumatera Barat, bakal merevitalisasi salah satu peninggalan sejarah era kolonial Belanda, yaitu Benteng Fort de Kock.

Peninggalan sejarah yang kini menjadi objek wisata itu, letaknya bersebelahan dengan Taman Marga Satwa Budaya Kinantan (TMSBK).

“Revitalisasinya direncanakan pada 2022 ini. Model revitalisasi akan memadukan konsep historical edukatif atau perpaduan konsep objek wisata antara sejarah dan pendidikan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Perpora) Kota Bukittinggi, Supadria kepada awwk media, Jumat (7/1).

Dijelaskan Supadria, Benteng Fort de Kock yang dibangun pada 1825 oleh Kapten Bouer itu banyak menyimpan sejarah peninggalan pemerintahan Hindia Belanda.

Dibangunnya benteng, lanjut dia diantaranya, adalah menangkal gempuran rakyat Minangkabau selama berlangsungnya perang Padri.

Baca juga :  BPBD Kota Bukittinggi Terus Berikan Pelatihan Pencehahan dan Kesiapsiagaan Bencana

Nama benteng Fort de Kock, diambil dari nama Baron Hendrik Merkus de Kock. Selaku Komandan der Tropen dan wakil gubernur jendral Hindia Belanda kala itu yang berkedudukan di Bukittinggi.

Awal didirikan, benteng dinamai Sterrenschans (tempat berbentuk bintang) karena bentuknya. Akan tetapi, Baron Hendrik Merkus de Kock kemudian mengubah namanya menjadi Benteng Fort de Kock.

Disisi lain, sambung Supadria, selain berfungsi sebagai kubu pertahanan, benteng Fort de Kock juga menjadi tanda bahwa Belanda telah menanamkan kekuasaan diwilayah Bukittinggi, Agam dan Pasaman.

Kini benteng yang meninggalkan catatan sejarah rakyat Minangkabau telah beberapa kali dilakukan pemugaran dan pada 2022 ini juga akan dilakukan revitalisasi.

Baca juga :  Drs Syamsir Sulaiman SH Terpilih Sebagai Koordinator F-PRB Kota Bukittinggi

“Untuk anggaran revitalisasi, Pemko Bukittinggi sudah mencadangkan dana senilai Rp2 miliar lebih,” ujar Supadria. (Y)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed