oleh

SD Batingkek Pariaman Kembali Laksanakan Kegiatan Sholat Dhuha

-Pariaman-4 views

Pariaman, (Nagaripost) – Awali tahun 2022 diminggu pertama, kembali kegiatan sholat Dhuha dilaksanakan oleh semua anak didik dan majelis guru beserta staf Sekolah Dasar (SD) 19 Kampung Baru Pariaman, atau yang lebih dikenal dengan sebutan SD Batingkek kota Pariaman provinsi Sumatera Barat.

Kepala SD Batingkek, Azral Malvinas menyebutkan kegiatan yang selalu digelar dihalaman sekolah tersebut, sudah berlangsung semenjak bulan Januari Tahun 2021 dan juga merupakan kegiatan rutin yang akan selalu mereka laksanakan setiap minggunya.

“Sholat Dhuha berjamaah ini merupakan kegiatan mingguan yang dilaksanakan setiap hari Jumat sebelum jam pelajaran sekolah dimulai. Kegiatan ini juga tidak mengganggu aktivitas belajar mengajar siswa dan guru di sekolah ini,” ujar Azral Malvinas, Jumat (7/1).

Baca juga :  WAKO PARIAMAN DIWAWANCARAI TIGA TV NASIONAL TERKAIT SKB 3 MENTERI

Lanjutnya, Azral menjelaskan, Pendidikan merupakan aset penting untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, mulai dari kebutuhan individu maupun kelompok untuk mencapai tujuannya, apalagi penanaman nilai-nilai spiritual agama merupakan kebutuhan mendasar.

Yang penting bagi mereka untuk membentuk pola fikir dan kepribadian mereka sedari kecil, agar mereka tidak terjerumus dengan ajaran yang tidak sesuai dengan syariat islam, apalagi dizaman modern seperti sekarang.

“Pentingnya penanaman nilai-nilai spiritual juga merupakan pondasi utama buat anak-anak dalam memerangi perubahan dunia yang tidak mudah untuk diarungi dengan berbagai tantangannya. Untuk itu mereka harus mempersiapkan diri mereka sedari dini agar kelak mereka tidak terjerumus dan siap mental serta iman yang kuat dalam menjalani hidup mereka kelak,” tutur Azral.

Baca juga :  GOW Kota Pariaman Gelar Aksi Jum’at Berkah Jelang Peringatan Hari Ibu

Selain melaksanakan kegiatan sholat Dhuha berjamaah dihari Jumat tersebut, anak-anak juga diajarkan untuk memberikan infak/sedekah seikhlas dan semampu mereka, agar mereka memahami bahwa infak tersebut juga merupakan tabungan amal jariyah mereka nantinya diakhirat, karena dengan infak tersebut mereka sudah ikut membantu meringankan beban orang lain yang membutuhkan.

Ditambahkan Azral, untuk memotivasi anak-anak, mereka juga memberikan reward setiap minggunya kepada siswa berupa reward bintang akhlak dan bintang infak dimasing-masing kelas, yang penilaiannya dilakukan oleh guru kelas dan guru agama.

Selain itu juga diberikan bintang guru dan bintang tenaga administrasi, yang penilaiannya dilakukan oleh Kepala Sekolah selama rentang waktu satu minggu.

Azral berharap, apapun kegiatan positif yang telah beliau lakukan di sekolah ini, hendaknya akan terus berlanjut walaupun nantinya beliau tidak lagi menjabat sebagai Kepala Sekolah di SD Batingkek. (Y)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed