oleh

PAC-PP Kec Palembayan Turun Tangan Bersihkan Material Longsor Dengan Bergoro Secara Manual

-Agam-268 Dilihat

Palembayan, (Nagaripost) – Rekan Juang (Renju) Pimpinan Anak Cabang Pemuda Pancasila (PAC-PP) kecamatan Palembayan kabupaten Agam, Sumatera Barat turun tangan membersihkan material longsor menghalangi jalan lintas status provinsi. Senin (17/1), di Jorong Silungkang nagari Tigo Koto Silungkang.

Dilaksanakannya gotongroyong membersihkan material yang terjadi akibat longsor dari tebing jalan setinggi 1.5 meter dan panjang 4 meter, sehingga menutupi 3/4 badan jalan. Pengendara mobil terpaksana lewat bahu jalan, akibat jalan sempit.

Ketua PAC-PP Kecamatan Palembayan, Maradona bersama komandan regu Nasril, melalui via selulernya mengatakan, bahwa kejadian longsor itu mengganggu pengendara roda empat dan bus saat lewat jalur tersebut.

Bila tidak hati-hati bisa terperosok masuk jurang, karena kendaraan sudah melewati bahu jalan pinggir jurang sedalam 50 meter yang juga rawan longsor.

Baca juga :  Pengurus Kwarcab Agam Laksanakan Rapat Konsolidasi Organisasi dan Program Kerja 2022

Saat dikonfirmasi terkait pembersihan material, hanya dikerjakan secara manual bersama anggota Renju PAC-PP Palembayan dan bersama masyarakat setempat.

“Alat yang dipakai cangkul, sekop dan gerobak. Alhamdulillah dapat diselesaikan dengan baik dan arus lalu lintas kembali lancar,” terangnya.

Walinagari Tigo Koto, Cendra menyampaikan terimakasih kepada Pemuda Pancasila yang telah turut berpartisipasi membersihkan material longsor yang benar terjadi sebulan yang lalu.

“Mengingat jalur utama terhalang material longsor pihak pemuda pancaila segera mengambil alih pembersihan,” katanya.

Sementara itu Camat Palembayan, Sabirun juga mengucapkan terimakasih kepada Renju Pemuda Pancasila yang tugasnya selain pelopor anak bangsa, mengamankan Pancasila juga turut melakukan penanganan bencana yang ada di nagari.

Baca juga :  Kadis Pertanian Agam Sosialisasikan Penggunaan Benih Bersertifikat Kepada Poktani

Semula pihak kecamatan akan menyurati pihak Dinas PU untuk pembersihan material longsor karena manghalangi jalur utama.

“Namun pihak pemuda pancasila segera mengeksekusi material longsor tersebut,” ujar Sabirun. (Y2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.