oleh

Ruko Elna Backery di Gurun Panjang Bukitinggi Hangus Terbakar

-Bukittinggi-495 Dilihat

Bukittinggi, (Nagaripost) – Ruko Usaha Kue Elna Backery di Gurun Panjang Kelurahan Pakan Kurai kota Bukittinggi, Sumatera Barat lantai dasar tempat pendingin kue bagian freezer yang menyebar kebagian lain hingga hangus terbakar, Senin (23/5) dan kejadian diperkirakan pukul 04.00 Wib dinihari dan segera tertangani.

Terbakarnya Toko kue Elna Backery dibagian lantai dasar segera mendapat pertolongan dari Tim Damkar Bukittinggi, setelah mendapat informasi langsung oleh pemilik yang berada dalam lantai atas dan segera keluar memberi tahu pihak Damkar ke posko Damkar dijalan Panorama.

Kabid Operasional Damkar Bukittinggi Havif Febrian Kabid, saat berada dikolasi sejak pukul 04.15 Wib mengatakan bahwa pihak Damkar menerima informasi langsung dari keluarga pemilik Ruko Elna ke Posko dan kita siap bantu pemadaman pagi jelang subuh.

Sesampainya dilokasi Ruko Kue Elna Backery tim segera melakukan reaksi untuk mencari titik api. Tetapi karena semua pintu ruko besi agak terkendala untuk memulai pemadaman dan mencari titik api dalam ruangan yang masih terkunci.

Baca juga :  Kantor Lurah Bukit Apit Puhun Terbakar, Kerugian Rp500 Juta dan Satu Petugas Damkar Terluka

Berkat kerjasama tim Damkar Bukitinggi yang sudah hadir berada di depan Ruko dengan pemilik, baru dapat terdeteksi bahwa api berada dalam ruangan kue. Seluruh alat kulkas pendingin kue sudah hangus terbakar dan mengeluarkan asap mengepul sampai masuk keruang lantai dua.

Dengan berbagai cara tim dapat melakukan penyemprotan dan masuk ketitik pusaran api pada kulkas pendingin kue yang sudah membakar plafon loteng lantai dasar.

Menurut informasi bahwa pemilik dan Satpam yang bertugas berada di lantai atas merasa sulit bernafas setelah ruangan istirahat penuh dengan asap mengepul dan segera keluar untuk minta bantuan.

Kabid Ops Damkar Bukittinggi Havif Febrian, mengungkapkan saat diwawancari pagi itu bahwa kita dari tim penyelamat turut membantu insiden kebakaran yang terjadi, bersama Damkar Agam dan sekitarnya.

Baca juga :  DIMASA PENDEMI COVID-19, BPBD KOTA BUKITTINGGI LAKUKAN SIMULASI EVAKUASI MANDIRI GEMPA

Sebelumnya kita sudah mensosialisasikan terkait dengan kebakaran. Dimana perlunya kesiapsiagaan warga atau seluruh petugas ditempat itu mengetahui dalam hal api, soal tabung gas, konsleting arus pendek, serta penggunaan racun api. Semua sudah kita berikan dan disimulasikan.

Tetapi dari pihak warga dan pemilik kurang mendapat perhatian dan kurang mengindahkan arahan tim pencegahan. Apalagi saat mencek Racun Api mendapat tanggapan yang berbeda dari pemilik dan warga sekitar.

“Namun kita pihak Damkar tetap memberikan penyuluhan dan membantu dengan segera insiden kebakaran yang terjadi,” kata Havif Febrian.

Dari kejadian hangusnya ruangan tempat kue Elna Backery menjelang subuh itu belum diketahui penyebab asal api, masih dalam asesmen pihak berwajib.

Baca juga :  Kembali Lagi Pasar Bawah Kota Bukittinggi Terbakar

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dan api dapat tertangani dengan cepat dan tidak merembes keruang dan tetangga sebelah,” jelas Havif Febrian.

Ruko kue itu terbakar di bagian lantai 1, sementara lantai 2 dan 3 yang menjadi hunian, selamat dari api.

Lurah Pakan Kurai Iqbal Medi membenarkan kejadian ini. Menurutnya, peristiwa ini terjadi dugaannya akibat korsleting listrik. Yang terbakar hanya tempat menjual kue saja, namun kerugian prediksinya sekitar 1,2 miliar rupiah,” terangnya.

Kerugian begitu tinggi karena yang terbakar meliputi kue siap jual, 4 freezer, komputer 3 unit, counter 6 unit dan sejumlah peralatan lainnya.

Turut hadir dan siaga membantu penyelamatan kebakaran di Ruko Elna Backerydi Gurun Panjang Bukittinggi 4 unit Damkar Bukitinggi dan 2 unit Damkar Agam Posko Sungai Tanang dan Posko Biaro. (Y2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

23 komentar