oleh

Dukung Pemulihan Ekonomi Pasca Covid, Pemkab Agam Serahkan Bantuan Bagi Nelayan

-Agam-443 Dilihat

Agam, (Nagaripost) – Pandemi covid-19 sangat berdampak pada perekonomian masyarakat kabupaten Agam, Sumatera Barat termasuk para nelayan penangkap ikan yang berada di kabupaten itu.

Dalam meringankan beban para nelayan yang terdampak covid, pemerintah kabupaten Agam melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan memberikan bantuan sarana dan prasarana perikanan kepada nelayan yang berasal dari kecamatan Tanjung Raya dan Tanjung Mutiara, pendistribusian bantuan dilaksanakan secara simbolis, Selasa (16/8) di UPTD Pelabuhan Perikanan Tanjung Mutiara.

Menurut Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) kabupaten Agam, Rosva Deswira SPsi MSi mengatakan bantuan Sarana Prasarana yang diberikan kepala nelayan, terdiri dari Alat Tangkap Ikan Ramah Lingkungan sebanyak 14 Paket, Sarana Sistem rantai dingin (Cool Box) 42 Unit, Mesin Kapal Perikanan sebanyak 3 unit, Sarana bantuan Penangkapan ikan berupa Fish finder sebanyak 8 unit.

Baca juga :  Ketua DPRD Novi Irwan Pimpin TSR Agam dan Kunjungi Mesjid Tuanku Nan Renceh Kamang Mudiak

Selanjutnya life jacket sebanyak 102 unit, Paket Kapal Lengkap sebanyak 5 Paket, Rehabilitasi Unit Pengolahan Ikan 1 Unit, Rehabilitasi pasar Ikan 1 unit dan paket lengkap sarana pengolahan ikan 5 paket.

“Bantuan bantuan tersebut didistribusikan kepada nelayan di kecamatan Tanjung Mutiara dan Tanjung Raya,” ujar Kadis tamatan Sarjana Perikanan tersebut.

Bupati Agam Dr H Andri Warman SSos MM menuturkan bantuan ini diberikan agar para nelayan bisa meningkatkan hasil tangkapannya, berdasarkan laporan yang kami terima, hasil tangkap ikan nelayan saat ini masih diangka 8 ribu ton pertahun.

“Diharapkan dengan diberikannya bantuan ini produksi tangkap ikan para nelayan bisa meningkat sehingga bisa meningkatkan perekonomian nelayan,” sebutnya.

Ditambahkan Bupati Agam dalam Momen tersebut, setiap daerah mempunyai potensi daerah masing-masing yang bisa dikembangkan, di Tanjung mutiara selain sektor perikanan juga akan dikembangkan sektor pariwisata juga.

Baca juga :  36 Pengunjung Pasar Malalak Terjaring Operasi Yustisi Tim Satgas Covid-19 Agam

“Kami berdayakan sebagai upaya penggerak ekonomi masyarakat, untuk menyongsong Agam maju yang kita cita-citakan,” tutupnya. (W)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.